Musrenbang Tingkat Kecamatan Telaga Langsat

Pada hari senin, tanggal 29 Januari Tahun 2024 dilaksanakan kegiatan Musyawarah Perencanaan pembangunan (Musrenbang) di Tingkat Kecamatan Telaga Langsat. Musyawarah Perencanaan Pembangunan ini merupakan agenda tahunan dimana masyarakat saling bertemu mendiskusikan usulan-usulan yang nantinya akan menjadi bahan untuk perumusan akhir sekaligus penetapan RKPD yang akan diusulkan pada musrenbang tingkat kabupaten nantinya. Kegiatan ini dihadiri oleh Pj. Bupati Hulu Sungai Selatan, Drs. H. Hermansyah, MM beserta para jajarannya, Ketua DPRD Kab. HSS H. Akhmad Fahmi, SE, Wakil Ketua DPRD Kab HSS H. Muhammad Kusasi, SE, S.AP, MM dan anggota DPRD Kab. HSS Dapil 2, Asisten Setda Kab. HSS, Kepala Perangkat Daerah di lingkup Kab. HSS, Forkopimcam, Kepala Instansi vertikal Kecamatan Telaga Langsat, Kepala Desa beserta Ketua BPD, tokoh masyarakat, tokoh agama, Forum Anak, dan berbagai stakeholder terkait dengan pelaksanaan pembangunan di tingkat kecamatan.

Dipaparkan oleh Camat Telaga Langsat, Sar Ipansyah, SSTP, M.Si bahwa ada 137 usulan yang dikerucutkan menjadi 33 usulan prioritas dalam kegiatan Pra Musrenbang sebelumnya yang sebagian besar bersifat usulan untuk infrastruktur.

Dalam sambutannya Pj Bupati HSS H. Hermansyah menjelasakan bahwa kegiatan Musrenbang ini merupakan suatu jalan perencanaan pembangunan yang bertujuan untuk memfasilitasi usulan kegiatan dengan pendekatan dari bawah ke atas/bottom-up planning.

“Musrenbang yang dilaksanakan dapat menghasilkan program kegiatan yang partisipatif dan selaras dengan prioritas pembangunan provinsi dan pembangunan nasional”, tutur Pj Bupati.

Pj Bupati juga mengatakan masyarakat, pemerintah, dan swasta merupakan elemen penting dalam merumuskan kebijakan pembangunan yang tepat sasaran. “Oleh karena itu dibutuhkan aspirasi dari para pemangku kepentingan sebagai variabel dalam penetapan program prioritas pembangunan yang berorientasi pada pemenuhan dan pemerataan hak-hak dasar masyarakat yang berkeadilan dan berkesinambungan untuk dituangkan dalam rancangan RKPD,” ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *